Cerita Perjalanan Tiga Hari

Traveling trio ini sudah direncanakan entah sejak kapan tahun, tapi tak kurun terealisasi; jika bukan karena adikku yang sibuk, ya aku yang sok sibuk! Sebulanan lalu terlihat secercah harapan bahwa traveling ini akan terwujud, tak mau gagal lagi (karna kegagalan selalu menyakitkan, halah!), aku pun segera berburu tiket pesawat dan hotel. Kebetulan tiket airasia lagi diskon 20% untuk semua rute dan booking.com menawarkan diskon untuk beberapa hotel. ‘Mantap!’ jeritku. Memang yah, kalo udah jodoh pasti dimudahkan (jodoh?? *garuk2 kepala!)

‘Tiket pesawat down, hotel down, aman!’ seruku kegirangan. Seminggu sebelum berangkat aku memantapkan itinerary perjalanan 3 hari dengan mengandalkan informasi tripadvisor dan beberapa informasi dari teman. Tak lupa aku mempelajari rute-rute transportasi, dan memprint beberapa peta, termasuk Peta MRT dan Sentosa Express. Jiwa petualangku benar-benar menggelora! Karena aku orangnya pelupa, things to bring adalah suatu keharusan. Semalam sebelum berangkat kami memfinalkan bawaan.

14.00 waktu Singapore, pesawat airasia yang kami tumpangi mendarat dengan mulus. Celingak celinguk sebentar, aku meminta adik dan mamak menunggu di jejeran kursi tunggu, sementara aku membeli simcard, ‘mesti updated dan eksis dengan BBM Group Simanjuntak!’, pikirku. 10 menit mempertimbangkan untung rugi beberapa simcard, aku akhirnya memilih M1 dengan harga SGD 18.

Sekitar pukul 04.00. sore, kami sampai di Hotel J8 dengan menggunakan MRT. Transportasi di Negara kecil ini memang pantas diacungkan jempol. ‘Jabodetabek dengan penduduk sekitar 20 juta jiwa mestinya punya transportasi kayak gini!’, pikirku. Hotel J8 yang terletak di daerah Lavender, yang aksesnya tidak lebih 10 menit jalan kaki dari stasiun MRT Lavender, sangat nyaman dan bersih meskipun harus diakui kamarnya agak sempit. Meletakkan barang bawaan dan rebahan sebentar, kami melesat menuju Merlion Park.

Hari I – Merlion Park

Tempat yang berada di jantung bisnis Singapura ini wajib dikunjungi. Pemandangan Marina Bay Sands dan Singapore Flyer di seberang teluk membuat suasana mengagumkan. Semakin malam, tempat ini semakin indah. Sayangnya, Patung Merlion yang sering jadi latar orang berfoto sedang dalam perbaikan. Kami harus puas dengan foto latar merlion mini! Kami duduk-duduk di pelataran beton menghadap teluk, makan malam, dan tentunya berfoto ria. Untung gak kelupaan bawa mini tripod, jadi gak mesti bolak-balik minta orang untuk moto.

10

Hari II – Sentosa Island dan Orchard Road

Lebih dari setengah hari kedua ini kami habiskan di Sentosa Island. Dari hotel ke VivoCity kami memilih untuk menggunakan bis biar bisa liat-liat kota. Lalu dari VivoCity ke Sentosa dengan skytrain. Ketika sampai di Resort World, tampak pengunjung sudah berjubel berfoto dengan latar Universal Studio. Kami juga tak mau ketinggalan meramaikan pesta foto itu! Setelah beberapa kali gagal dapat foto bagus (tanpa ada pengunjung nyempil di sudut foto), akhirnya berhasil juga. Hersey’s Shop dan souvenir shop seberang ikon Universal Studio sangat menggoda, kami pun tanpa ragu masuk sekedar mencuci mata.

DSCN2045

Menyusuri FestiveWalk akhirnya mencapai Patung Merlion di Zona Imbiah Lookout. Di Zona ini kami ikut permainan Skyline Luge. Permainan yang memang seru ini adalah pilihan mak dan adikku sedangkan tadinya aku milih MegaZip Adventure Park. Tapi MegaZip, yang mirip flying fox ini, memang terlalu ekstrim untuk orangtua berumur 67 tahun!

2

Sore hari kami ikut rombongan beach trams mengitari Pantai Palawan dan Siloso. Satu hal yang menjadi catatan adalah bahwa pantai-pantai di Sentosa ini kalah bagus dengan pantai di Bali, Lombok, Ternate atau pulau-pulau lain di Indonesia. Tapi memang terlihat lebih terawat aja dan di beberapa tempat ditambah feature seperti jembatan gantung sehingga membuat pantai-pantai itu terlihat unik.

Setelah meninggalkan Sentosa, kami mengitari VivoCity. Jika anda hobby belanja barang bermerk, VivoCity adalah salah satu tempat yang mesti anda kunjungi. Tampak beberapa toko menawarkan diskon up to 50%. Setelah makan malam di Foodrepublic, kami balik Hotel setelah terlebih dahulu mampir ke Orchard Road.

Di malam hari Orchard Road ini ramai dikunjungi, semakin malam semakin riuh. Lampu-lampu malam yang mempesona membuat sesi foto-foto menyenangkan! Mengunjungi Orchard Road ini adalah suatu keharusan jika anda mengunjungi Singapura. Anda ga mesti belanja, hanya jalan santai cuci-cuci mata dan duduk disepanjang jalan sambil melihat orang-orang hilir mudik dengan kantong-kantong belanjaan juga asik kok. Dan lebih asik lagi kalo anda ikutan ngeborong!😉

37

Hari III – Chinatown dan Gardens by The Bay

Last but not least, hari terakhir kami isi dengan berbelanja souvenir dan oleh-oleh di Chinatown. Pusat belanja yang relatif murah ini tampak rapi dengan lampion khas menggantung di atas pedestriannya.

44

Tidak lama disana, menggunakan MRT dan turun di Harbour Front, kami menuju ke Garden by the Bay. Katanya sih, taman seluas 100 an hektar ini merupakan salah satu taman terbesar dan termegah di dunia, berisi jutaan tanaman langka dengan menggunakan teknologi yang spektakuler! Jadi, kalau lagi di Singapura mesti ke sana. Ciri khas taman ini adalah beberapa tiang supertree dan 2 kubah sebagai konservatori tanaman-tanaman langka.

Hanya 1,5 jam mengitari taman, kami beranjak menuju bandara. Sebenarnya aku ingin sekali melihat-lihat taman itu seharian hingga malam, masuk ke konservatori Flower Dome dan Cloud Forest, serta menikmati lampu taman dan view kota yang mempesona di malam hari. Akh, seandainya cukup waktu. Jika ada kesempatan lagi berkunjung kesini, destinasi utamaku adalah taman ini!

1

Pukul 5 sore kami beranjak menuju airport dan kembali ke Indonesia. Tiga hari tentu tidak cukup untuk mengenal negara mungil ini. Satu hal yang pasti, seperti halnya negara-negara maju lainnya, teknologi telah menjadi basis pembangunan, dan teknologi itu membawa kemudahan di berbagai bidang. Tapi soal keindahan alam, Indonesia masih rajanya!😉

Cerita Perjalanan Tiga Hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s