Takut ditinggal?

Kemaren hari pertama masuk sekolah, 3 ponakanku mulai masuk sekolah TK A. Betapa excited mereka menjelang hari sekolah. Beli buku baru, sepatu baru, seragam baru, tas baru jadi cerita favorit mereka. Wajah mereka berbinar-binar menceritakan persiapan masuk sekolah. Sampe-sampe kalo mereka susah makan, kakak dan abang (orangtua mereka) menjadikan hari masuk sekolah ini jadi sogokan, ‘kalo ga makan banyak nanti ga bisa cepat tinggi, ga bisa masuk sekolah’, mereka pun akhirnya semangat ngabisin makanan.

Semangat mereka ternyata tidak dibarengi dengan keberanian mereka. Hari pertama masuk sekolah, yang notabene cuman 2 jam (masuk jam 7 pagi, pulang jam 9 pagi), mereka merengek-rengek minta agar mami/papi nya jagain mereka di dalam kelas, mereka ga mau ditinggal. Salah satu ponakanku malah menangis meraung-raung karna mami nya bilang mau liatin dari jendela aja. Alhasil, ketiga ponakanku ditungguin sama orangtuanya di dalam kelas.

Cerita lucu ini kemudian jadi bahan cerita di bb group keluarga simanjuntak. Tak henti-hentinya kami tertawa membayangkan tingkah ponakan-ponakanku.

Cerita ini bisa jadi cerminan bagi kehidupan kekristenan kita. Kita sering merasa ditinggal sama Bapa Sorgawi, kita menangis meraung-raung, padahal Dia ada disana membimbing kita, walau rasanya tidak selalu dekat (‘tidak harus ikut dalam kelas’), tapi pasti Dia disana (‘mungkin lagi mengamati dari jendela, dan akan menghampiri kalo kita lagi benar-benar perlu’). Sebab dia berjanji bahwa Dia tidak akan meninggalkan dan membiarkan kita.

Ada waktunya kita seolah berjalan sendiri, dibiarin sendiri, supaya kita dapat belajar untuk bertanggung jawab, jadi semakin dewasa. Tapi satu hal yang pasti, dalam proses itu Dia tidak absen, Dia disana bersama-sama dengan kita.

Takut ditinggal?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s