Hanya sementara

Semuanya yang ada di dunia akan berubah…satu-satunya hal yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri…

Kutengadahkan mataku sejenak ke arah batu-batu yang tersusun itu…iya betul, itu batu-batu alam yang tersusun rapi dan teratur…di setiap sisi batu-batu itu tampak ukiran-ukiran…ukiran-ukiran itu seperti bercerita…sedikit banyak aku mengerti alur ceritanya…beberapa ukiran tampak terputus, tapi tetap saja aku pelototin ukiran-ukiran di batu itu…hingga akhirnya kebosananku menghentikanku…

Kemudian aku menyusuri sisi bangunan batu itu. Si sebuah pojok, terdapat sebuah tanda, hmmm..mungkin bukan tanda, tapi sebuah papan berisi sedikit penjelasan mengenai bangunan batu dan ukiran-ukiran itu…kubaca dan aku menggumam…

Kembali kususuri bangunan itu, beberapa kali aku mengambil foto untuk memastikan bahwa aku telah merekam situasi yang kuperlukan. sesekali aku meminta teman untuk mengambil foto ku juga, itung-itung sebagai kenangan…

“waduh udah jam segini, pulang yuks” demikian seorang teman menganjurkan…kami pun bergegas menyusuri bangunan batu itu menuju pintu keluar.

Selama 6 minggu, aku mengunjungi kurang lebih 4 bangunan batu seperti itu. Orang mengenalnya dengan sebutan ‘candi’. Satu hal yang mengesankan dan tersimpan di benakku setelah mengunjungi candi-candi itu  adalah “waktu dapat mengubah segala sesuatu”.

Sangat menarik membaca bagaimana candi itu dibangun, digunakan, hingga kemudian menjadi reruntuhan, dan akhirnya setelah ratusan bahkan ribuan tahun ditemukan dan dibangun kembali. Aku membayangkan berapa lama pembangunannya dan berapa banyak orang yang dikerahkan untuk membangunnya. Pastilah bukan pekerjaan yang mudah dan pastilah banyak orang yang menjadi korban dalam pembangunanya.

Tapi, ternyata semuanya memang ada waktunya….candi-candi itu sebenarnya sudah tinggal reruntuhan dan orang-orang yang membangun bahkan raja-raja pemilik candi itu pun sudah tidak ada, dan tidak diingat lagi.

Segala sesuatu yang ada di dunia ini memang hanya sementara…

Hanya sementara

Leave a Reply

